Pages

Selasa, 29 Desember 2015

Arificial Intelligency dan Sistem Pakar (Expert System) #SIP

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence merupakan salah satu bagian ilmu  komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan  sebaik yang dilakukan manusia. Kecerdasan buatan ini merupakan aplikasi komputer yang  paling canggih karena aplikasi ini berusaha mencontoh cara pemikiran manusia. Tujuan  dari dibuatnya aplikasi yang berbasis kecerdasan buatan ini adalah untuk membuat aplikasi  tersebut menjadi lebih bermanfaat untuk manusia, membuatnya menjadi lebih pintar, dan  memamhami apa itu kecerdasan.

Kaitan Kecerdasan Buatan dengan Sistem Pakar
Sistem pakar merupakan bagian dari kecerdasan buatan, sistem pakar merupakan  perwujudan dari kecerdasan buatan. Dengan adanya ilmu yang mempelajari komputer agar  dapat meniru pemikiran manusia maka terciptalah sistem pakar yang merupakan aplikasi  yang bertindak seolah seperti cara berpikir manusia. Dengan adanya sistem pakar ini  manusia menjadi seolah-olah sedang berinteraksi dengan seorang pakar hanya dengan  sebuah aplikasi, selain itu aplikasi sistem pakar ini juga dapat memberikan penjelasan-  penjelasan sehingga user menjadi lebih mengerti. Sebuah sistem pakar memiliki 2  komponen dasar, yaitu pengetahuan dan mesin interfensi. Basis pengetahuan merupakan  tempat penyimpanan pengetahuan dalam memori komputer, dimana pengetahuan ini  diambil dari pengetahuan pakar. Mesin interfensi adalah otak dari aplikasi sistem pakar. Bagian inilah yang menuntun user untuk memasukan fakta sehingga menghasilkan suatu  kesimpulan.

 Aplikasi 
         1. ELIZA
 Eliza adalah salah Sistem Pakar yang dikembangkan pada tahun 1966. Ini adalah program  computer terapis yang dibuat oleh Joseph Weizenbaum di MIT. Pengguna berkomunikasi  dengannya sebagaimana sedang berkonsultasi dengan seorang terapis. Merupakan  aplikasi yang akan merespon melaui sebuah teks maupun suara ketika ketika kita  memberikan balasan baik merupakan suara maupun melalui teks. Tampilan awal saat  muncul adalah sebuah audio yang berbunyi dan bertuliskan Eliza : “Hello, touch the  microphone to speak to me, or type at the promt.” Kemudian, bila kita hendak berbicara  diharuskan untuk menekan gambar mikropon disebelah kanan atas, namun bila kita juga  bisa menuliskannya dengan mengetiknya. Keduanya sama-sama akan merespon balasan.
        2. PARRY
Parry adalah Sistem Pakar yang dikembangkan di Stanford University oleh seorang  psikiater, Kenneth Colby, Hilf, Webber dan Kreamer pada tahun 1972 yang  mensimulasikan seorang paranoid sebagai subjek karena beberapa teori menyebutkan  bahwa proses dan sistem paranoid memang ada, perbedaan respon psikotis dan respon  normalnya cukup hebat, dan mereka bisa menggunakan penilaian dari seorang ahli untuk mengecek keakuratan dari kemampuan pemisahan antara respon simulasi computer dan  respon manusia. 
        3. NETtalk
NETtalk program ini jenisnya cukup bebeda, berdasarkan pada jaring-jaring neuron, sehingga dinamakan NETtalk. Program ini dikembankan oleh Sejnowki disekolah medis  Harvard dan Rosenberg di universitas Princeton. Dalam program ini , NETtalk membaca  tulisan dan mengucapkannya keras-keras.

Daftar Pustaka
Kusrini. (2006). Sistem pakar, teori dan aplikasi. Andi: Yogyakarta.
Mc.Leod .R., Schell. G.P. (2008). Sistem informasi manajemen (ed 10). Salemba Empat: Jakarta.
Minartiningtyas, A.B. (2013) Kecerdasan Buatan. http://informatika.web.id/category/kecerdasan- buatan/diakses pada 27 Desember 2015



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2012 Mine. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates